NRIMO ING PANDUM

NRIO ING PANDUM.Kalimat itu adalah kalimat yang populer di tanah
jawa. Yang mengandung arti bahwa kita
selayaknya mensyukuri atas apa yang telah
dianugerahkan oleh Tuhan pada kita. Tentunya
setelah kita berusaha dan berdoa.
Namun ada sebagian kita yang memahami
konsep ini dengan kacamata yang kurang tepat.
Terkadang konsep ini diartikan sebagai konsep
yang total dari menerima apa adanya. Kalo udah
kere ya udah, kalo udah miskin ya uwis, kalo
udah kekurangan ya oke kita emang harus hidup
dengan keadaan yang seperti ini.
Padahal sebenarnya "nrimo ing pandum" tidak
mengajarkan seorang manusia pasrah dengan
keadaan yang diterimanya. Justru konsep ini
mengajarkan pada kita bahwa dalam hidup kita
harus berusaha semaksimal mungkin atau kalo
perlu "ngoyo" dan memiliki target yang jelas.
Sedangkan untuk masalah hasilnya tentu kita
sudah tau bahwa penentu dari hasil usaha kita
adalah Tuhan, yang gak bisa disangkal
keputusanNya.
Ini berarti kita tidak boleh berada pada posisi yang
sebaliknya. Kita usahanya yaaa seadanya aja,
sebisanya aja, semampunya aja, tapi selalu
ngoyo pada hasilnya. Inilah yang sering
memunculkan kalimat "menghalalkan segala
cara".
Nrimo ing pandum bila diartikan lebih dalam lagi
adalah tidak mendasarkan ukuran pada
kebendaan. Materi buanyaaakkk hidup sukses,
makmur, bahagia. Materi sedikit hidup gagal,
miskin, muram.
Kebahagiaan tidak terletak pada materi, tapi
terletak pada hati dan pikiran yang menjadi raja
setiap jasad manusia. Sebanyak apapun materi
yang didapat, jika hati dan pikiran masih selalu
bilang kurang, ya jelas gak akan pernah bahagia.
Dan sebaliknya..
Pesan moral : nrimo bukan berarti mudah
menyerah pada keadaan, tapi keadaan bertawakal
dan berserah diri pada Tuhan, karena percaya
penuh bahwa manusia hanya dapat berupaya
semaksimal mungkin dengan segala daya dan
upaya dan sarana yang dimilikinya, sedang hasil
adalah 100% hak penuh dan hak prerogatif Tuhan

Tulisan Terbaru

PERAN GURU DALAM BELAJAR ILMU GAIB

Apakan belajar keilmuan harus ada guru pembimbing?
Apa yang terjadi bila belajar ilmu gaib tanpa guru dan tanpa pengijasahan langsung?
Apakan pengijasahan itu mbah??

Bisa di katakan setiap hari ada sms masuk di hp saya pertanyaan seperti di atas.perlu saya sampaikan di sini,bagi anda sebagai pemula belajar keilmuan yaitu ilmu gaib yang mengandung khodam-khodam tertentu dan mengandung unsur magic yang tidak bisa di cerna oleh akal fikiran manusia. Di sini akan saya jelaskan sedikit tentang pertanyaan seperti di atas,agar di lain waktu bila anda ingin menguasai ilmu-ilmu gaib anda sudah mengerti arti dari peran guru dan pengijasahan langsung kusus anda sebagai pemula belajar ilmu gaib.

1.apakan belajar ilmu gaib harus ada guru pembimbing?

-harus..!peran guru di dalam mengajarkan ilmu gaib adalah sebagai penuntun,yaitu guru mengajarkan sang murid harus mengikuti,misal untuk mengamalkan ajian tertentu si murid di suruh puasa selama sekian hari.dan mantranya harus di baca sekian kali juga.jadi peran guru,selain membimbing,mengawasi,menyelaraskan keilmuan yang cocok buat muridnya.juga membimbing agar sang murid tidak menyalahgunakan keilmuan yang telah di ajarkan dan membimbing menjadi orang yang waksito.

2.apa yang terjadi bila belajar ilmu gaib tanpa guru dan pengijasahan langsung?

-banyak orang yang belajar ilmu tanpa guru mengalami gangguan mental,dikarenakan ilmu yang di amalkan tidak cocok dan raga si pengamal belum siap menampung ilmu tersebut.karena di paksakan ingin juga menguasai ilmu tersebut maka di pastikan bisa mengakibatkan gangguan mental bahkan menjadi stres.sebelum sangguru mengijasahkan keilmuan pada si murid.harus di selaraskan dulu melalui proses pengijasahan yaitu dengan cara melalui nama lengkap,agama,dan nama ibu kandung..

"mengapa kok pakai ibu saya segala mbah.nanti ibu saya buat tumbal ilmu??"

pertanyaan di atas juga sering masuk dalam Hp saya.terkadang saya cuma tersenyum membaca pertanyaan seperti di atas.tapi saya sudah tahu.anda sebagai pemula belajar ilmu gaib sampai pertanyaan begituan masuk ke Hp saya.akan saya beberkan sedikit.untuk apa nama ibu kandung anda saya minta untuk pengijasahan suatu keilmuan.peran ibu kandung anda adalan untuk penyelarasan keilmuan,agar dapat dengan mudah anda kuasai dan cepat menyatu dalam darah daging anda.jadi keilmuan tersebut menyatu dan bisa anda kuasai dengan mudah lewat penyelarasan nama ibu anda.

3.apa sih pengijasahan ilmu itu mbah.??

-pengijasahan ilmu adalah memberikan/menurunkan keilmuan yang telah di ridoi dengan iklas oleh sang guru.jadi dengan demikian ilmu cepat dapat di kuasai karena sudah dapat restu dari sang pemilik atau yang mengijasahkan ilmu tersebut.ibarat anda mau pergi merantau.pasti anda akan meminta doa restu dari kedua orang tua anda.supaya anda di perantauan nanti berhasil,bisa sukses,selamat pergi di jalan sampai pulangnya kembali.begitu juga dengan suatu keilmuan. Sedikit saya beberkan pertanyaan-pertanyaan yang sering anda tanyakan kusus yang pemula belajar keilmuan.semoga bermanfaat dan mengerti pokok-pokok keilmuan dan kegunaan seperti pertanyaan di atas.

Trimakasih.Telah Sudi Membaca Uneg-Unek Saya.salam peseduluran.