AJARAN MISTIK KEJAWEN

Dalam perilaku mistik di kenal ngelmu sepuh atau kesempurnaan,ngelmu ini sangat rahasia.karenanya,tak sembarangan dalam menyampaikan dari guru kepada muridnya.penyampaian Ngelmu sepuh harus dari seorang guru sejati dan memilih waktu bagus.biasanya,waktu yang baik adalah malam selasa kliwon dan jumat kliwon.proses penyampaian ajaran(wejangan) seorang murid harus menjalankan laku tertentu.
       Misalnya puasa ngebleng 3 hari 3 malam tidak makan maupun minum.wejangan yang di sampaikan berupa mantra-mantra dan tata cara hidup mistis.dalam wejangan tersebut di kenal dengan istilah meguru(berguru).maksudnya,murid menerima wejangan secara sadar dari seorang guru.inti wejangan tersebut sering di namakan banyu bening,artinya air jernih,sebagai kiasan ngelmu sepuh.Yakni mgelmu kesempurnaan hidup suci.
         Hidup yang tidak di landasi dengan ngelmu sepuh atau ngelmu batin,akan mudah bertindak tersesat.hidup menjadi tak terarah dan kurang terkendali.sehingga guncangan hidup sulit terelakkan.
     Pada saat sang murid memilih guru mistik,di rarapkan jangan sampai jatuh pada pepatah pilih-pilih tebu.artinya keliru memilih yang jelek.leluhur jawa dulu,selalu memberikan pesan:

" siro puruhitaa,saniskareng kawruh mring jelmo sujono kang wus nimpuno,ing suroso saraseng kamuksan,kanggo ing kene kono.: 

 maksudnya,peleku mistik diharapkan berguru atau menempuh ngelmu tentang segala hal,terutama ngelmu kasuyatan kepada guru yang berilmu tinggi.
                  Dengan cara itu,peleku mistik akan belajar ngelmu kamuksan atau tentang mati yang akan berguna bagi kehidupan kelak.atas dasar itu.seorang murid dapat memilih seorang guru mistik yang teguh berpegang pada sapta guna karya,yaitu delapan tindakan penting.

1. nastiti, artinya: tak simpang siur dalam memberikan wejangan.
2. nastapa,artinya: berani dalam menjalankan laku prihatin,tidak hanya menyuruh murid saja.
3. kulina,artinya: membiasakan berbuat baik.
4. diwasa,artinya; harus benar-benar matang dan dewasa dalam ilmu.
5. santosa,artinya: lurus tabiatnya.
6. engetan,artinya: selalu ingat dan tak ragu-ragu dalam ajaran.
7. sentika,artinya : dalam menempatkan diri benar-benar cakap,tegas.
8. lana,artinya: tidak berganti-ganti ucapan.

              Seorang murid penghayat mistik kejawen semestinya jangan gegabah(grusa-grusu) dalam mendalami ngelmu.hubungan murid guru biasanya tunduk patuh,murid jarang berani membantah ajaran guru.tradisi semacam ini dikembangkan sampai mencapai kematangan ngelmu.tentu saja budaya saling asah,asih,asuh tetap bangun dalam menyampaikan ajaran mistik.
      Guru mistik dianggap terhormat,mereka lebih menguasai ngelmu sejati.dalam hal semedi,guru mistik juga di anggap lebih sakti.itulah sebabnya contoh-contoh tindakan mistik akan di tiru oleh muridnya.terlebih lagi dalam pemanfaatan mantra-mantra mistik,akan selalu di ikuti murid.semoga wejangan di atas dapat di pahami dan menjadi pembelajaran bagi anda sebagai pemula belajar ilmu gaib kejawen.

     

Tulisan Terbaru

PERAN GURU DALAM BELAJAR ILMU GAIB

Apakan belajar keilmuan harus ada guru pembimbing?
Apa yang terjadi bila belajar ilmu gaib tanpa guru dan tanpa pengijasahan langsung?
Apakan pengijasahan itu mbah??

Bisa di katakan setiap hari ada sms masuk di hp saya pertanyaan seperti di atas.perlu saya sampaikan di sini,bagi anda sebagai pemula belajar keilmuan yaitu ilmu gaib yang mengandung khodam-khodam tertentu dan mengandung unsur magic yang tidak bisa di cerna oleh akal fikiran manusia. Di sini akan saya jelaskan sedikit tentang pertanyaan seperti di atas,agar di lain waktu bila anda ingin menguasai ilmu-ilmu gaib anda sudah mengerti arti dari peran guru dan pengijasahan langsung kusus anda sebagai pemula belajar ilmu gaib.

1.apakan belajar ilmu gaib harus ada guru pembimbing?

-harus..!peran guru di dalam mengajarkan ilmu gaib adalah sebagai penuntun,yaitu guru mengajarkan sang murid harus mengikuti,misal untuk mengamalkan ajian tertentu si murid di suruh puasa selama sekian hari.dan mantranya harus di baca sekian kali juga.jadi peran guru,selain membimbing,mengawasi,menyelaraskan keilmuan yang cocok buat muridnya.juga membimbing agar sang murid tidak menyalahgunakan keilmuan yang telah di ajarkan dan membimbing menjadi orang yang waksito.

2.apa yang terjadi bila belajar ilmu gaib tanpa guru dan pengijasahan langsung?

-banyak orang yang belajar ilmu tanpa guru mengalami gangguan mental,dikarenakan ilmu yang di amalkan tidak cocok dan raga si pengamal belum siap menampung ilmu tersebut.karena di paksakan ingin juga menguasai ilmu tersebut maka di pastikan bisa mengakibatkan gangguan mental bahkan menjadi stres.sebelum sangguru mengijasahkan keilmuan pada si murid.harus di selaraskan dulu melalui proses pengijasahan yaitu dengan cara melalui nama lengkap,agama,dan nama ibu kandung..

"mengapa kok pakai ibu saya segala mbah.nanti ibu saya buat tumbal ilmu??"

pertanyaan di atas juga sering masuk dalam Hp saya.terkadang saya cuma tersenyum membaca pertanyaan seperti di atas.tapi saya sudah tahu.anda sebagai pemula belajar ilmu gaib sampai pertanyaan begituan masuk ke Hp saya.akan saya beberkan sedikit.untuk apa nama ibu kandung anda saya minta untuk pengijasahan suatu keilmuan.peran ibu kandung anda adalan untuk penyelarasan keilmuan,agar dapat dengan mudah anda kuasai dan cepat menyatu dalam darah daging anda.jadi keilmuan tersebut menyatu dan bisa anda kuasai dengan mudah lewat penyelarasan nama ibu anda.

3.apa sih pengijasahan ilmu itu mbah.??

-pengijasahan ilmu adalah memberikan/menurunkan keilmuan yang telah di ridoi dengan iklas oleh sang guru.jadi dengan demikian ilmu cepat dapat di kuasai karena sudah dapat restu dari sang pemilik atau yang mengijasahkan ilmu tersebut.ibarat anda mau pergi merantau.pasti anda akan meminta doa restu dari kedua orang tua anda.supaya anda di perantauan nanti berhasil,bisa sukses,selamat pergi di jalan sampai pulangnya kembali.begitu juga dengan suatu keilmuan. Sedikit saya beberkan pertanyaan-pertanyaan yang sering anda tanyakan kusus yang pemula belajar keilmuan.semoga bermanfaat dan mengerti pokok-pokok keilmuan dan kegunaan seperti pertanyaan di atas.

Trimakasih.Telah Sudi Membaca Uneg-Unek Saya.salam peseduluran.