LAKU PRIHATIN MISTIK

orang jawa juga gemar menjalankan laku yang indentik dengan prihatin.laku juga senada dengan tirakat,yang lebih eksplisit lagi sering dinamakan tapa brata.karena itu,orang jawa sering menjalankan tapa ngrowot(makan yang tidak berbiji) Tapa ngidang(hanya memakan sayuran)mutih(hanya makan nasi putih,tanpa garam maupun lauk pauk.barbagai lelaku tersebut di lakukan untuk membersihkan diri secara batin.
         Dalam menjalankan tradisi kejawen demikian,orang jawa selalu mengacu pada ajaran leluhur yang turun temurun.orang jawa juga sering menyebut leluwur,artinya leluhur yang telah meninggal,tetapi memiliki kharisma tertentu.
            Leluhur di anggap memiliki kekuatan tertentu,apalagi kalau orang yang telah meninggal tergolong wong tuwo( orang tua) baik dari segi umur maupun ilmunya.
       Karena itu,sadar atau tidak oarang kejawen telah banyak memanfaatkan karya-karya leluhur sebagai pijakan dan pijaran hidupnya.karya sastra seperti Babad tanah jawa,serat centini ,mahabratha,serat wadhatama,dan sebagainya akan mewarnai riak kehidupan kejawen.
      Kejawen adalah jatidiri jawa,serangkat kejawen yang selalu hadir dalam, dunia mistis.didalamnya terdapat banyak tradisi ritual dan sejumlah petungan(perhitungan).ajaran-ajaran kejawen biasanya diswbarkan melalui tuturan lisan.
             Adapun ajaran yang telah di bukukan adalah primbon.budaya primbon inilah yang mencari karakteristik kejawen dari masa ke masa.
     kehidupan kejawen akan mengikuti idealisme tertentu.idealisme tersebut tercermin dalam sembilan bidang budaya spiritual jawa yaitu.

1.Kapribaden:menghendaki orang jawa sebagai kesatriao pendito.

2.sosial: menghendaki watak mistik manjing ajur ajer,bisa rumangsa dan bukan rumongso bisa.maksudnya,dapat merasakan apa yang dirasakan orang lain,sehingga dapat bertindak hati-hati.

3.Ekonomi:menghendaki roda ekonomi gangsar(lancar).artinya berjalan terus.

4.politik:menghendaki terciptanya kekuasaan yang mangku-mengkuhamang koni,maksudnya,dapat menjalankan tugas mengayomi dan menyelaraskan dengan keadaan yang dipimpin.

5.kagunan:yaitu seni yang adiluhung.

6.ngelmu:menghendaki sikap mempuni sampai menjadi nimpuna,artinya tahu berbagai hal.

7.ketuhanan:menghendaki mencapai kesempurnaan atau kasampurnaan.

8.filasat:menghendaki idealisme bener-pener,artinya banar dan tepat.

9.mistik:menghendaki sampai tingkat ngraga suksma.

    Jika sembilan bidang tersebut dapat dicapai oleh penganut mistik jawa atau kejawen,berarti hidup mereka mampu mbabar jati diri,Maksudnya,hidup yang benar-benar mampu menguasai diri sendiri lahir batin.
    Mbabar,berarti mengurai dan memahami diri sendiri,mereka yang tahu siapa dirinya dan akan kemana dirinya.orang yang demikian dinamakan pana(cerdas)biasanya orang jawa yang semacam ini memiliki cermin diri yang luar biasa.mereka memiliki pegangan hidup,yakni mistik kejawen sebagai jalan cermin diri.salam peseduluran.
          
      
              

Tulisan Terbaru

PERAN GURU DALAM BELAJAR ILMU GAIB

Apakan belajar keilmuan harus ada guru pembimbing?
Apa yang terjadi bila belajar ilmu gaib tanpa guru dan tanpa pengijasahan langsung?
Apakan pengijasahan itu mbah??

Bisa di katakan setiap hari ada sms masuk di hp saya pertanyaan seperti di atas.perlu saya sampaikan di sini,bagi anda sebagai pemula belajar keilmuan yaitu ilmu gaib yang mengandung khodam-khodam tertentu dan mengandung unsur magic yang tidak bisa di cerna oleh akal fikiran manusia. Di sini akan saya jelaskan sedikit tentang pertanyaan seperti di atas,agar di lain waktu bila anda ingin menguasai ilmu-ilmu gaib anda sudah mengerti arti dari peran guru dan pengijasahan langsung kusus anda sebagai pemula belajar ilmu gaib.

1.apakan belajar ilmu gaib harus ada guru pembimbing?

-harus..!peran guru di dalam mengajarkan ilmu gaib adalah sebagai penuntun,yaitu guru mengajarkan sang murid harus mengikuti,misal untuk mengamalkan ajian tertentu si murid di suruh puasa selama sekian hari.dan mantranya harus di baca sekian kali juga.jadi peran guru,selain membimbing,mengawasi,menyelaraskan keilmuan yang cocok buat muridnya.juga membimbing agar sang murid tidak menyalahgunakan keilmuan yang telah di ajarkan dan membimbing menjadi orang yang waksito.

2.apa yang terjadi bila belajar ilmu gaib tanpa guru dan pengijasahan langsung?

-banyak orang yang belajar ilmu tanpa guru mengalami gangguan mental,dikarenakan ilmu yang di amalkan tidak cocok dan raga si pengamal belum siap menampung ilmu tersebut.karena di paksakan ingin juga menguasai ilmu tersebut maka di pastikan bisa mengakibatkan gangguan mental bahkan menjadi stres.sebelum sangguru mengijasahkan keilmuan pada si murid.harus di selaraskan dulu melalui proses pengijasahan yaitu dengan cara melalui nama lengkap,agama,dan nama ibu kandung..

"mengapa kok pakai ibu saya segala mbah.nanti ibu saya buat tumbal ilmu??"

pertanyaan di atas juga sering masuk dalam Hp saya.terkadang saya cuma tersenyum membaca pertanyaan seperti di atas.tapi saya sudah tahu.anda sebagai pemula belajar ilmu gaib sampai pertanyaan begituan masuk ke Hp saya.akan saya beberkan sedikit.untuk apa nama ibu kandung anda saya minta untuk pengijasahan suatu keilmuan.peran ibu kandung anda adalan untuk penyelarasan keilmuan,agar dapat dengan mudah anda kuasai dan cepat menyatu dalam darah daging anda.jadi keilmuan tersebut menyatu dan bisa anda kuasai dengan mudah lewat penyelarasan nama ibu anda.

3.apa sih pengijasahan ilmu itu mbah.??

-pengijasahan ilmu adalah memberikan/menurunkan keilmuan yang telah di ridoi dengan iklas oleh sang guru.jadi dengan demikian ilmu cepat dapat di kuasai karena sudah dapat restu dari sang pemilik atau yang mengijasahkan ilmu tersebut.ibarat anda mau pergi merantau.pasti anda akan meminta doa restu dari kedua orang tua anda.supaya anda di perantauan nanti berhasil,bisa sukses,selamat pergi di jalan sampai pulangnya kembali.begitu juga dengan suatu keilmuan. Sedikit saya beberkan pertanyaan-pertanyaan yang sering anda tanyakan kusus yang pemula belajar keilmuan.semoga bermanfaat dan mengerti pokok-pokok keilmuan dan kegunaan seperti pertanyaan di atas.

Trimakasih.Telah Sudi Membaca Uneg-Unek Saya.salam peseduluran.