SYEKH SITI JENAR

Setuju atau tidak,kehadiran mistik syekh siti jenar telah mewarnai kehidupan mistik kejawen.mistik ini memang unik dan banyak menimbulkan kontrofersi.terlebih lagi,ketika syekh siti jenar berbicara tentang tuhan dan kematian.mungkin dapat mengundang kebencian.
   Namun,sebagai sebuah wacana kultur mistik kejawen,hal ini harus patut diketahui.ada yang berpendapat bahwa ajaranya termasuk golongan keras,bukan lembut dan sejuk,dia lebih banyak menyampaikan mistik tajam,bukan lembut.
         Berbicara tentang syekh siti jenar dalam konteks mistik memang sering di perdebatkan,setidaknya,banyak pihak meneror bahwa dia adalah penganut ajaran sesat.sedikit akan saya jelaskan menurut pengetahuan saya tentang jati diri syekh siti jenar.
  Syekh siti jenar kadang-kadang merasakan ketiadaan tuhan.Dan yang ada adalah Ingsun(AKU).tapi pada abait lain,Dia juga mengakui adanya tuhan.misalkan seperti kutipan berikut:syekh lemahbang Darmastuteng karsa/sumarah ing hyang dhawuhe.Kata hyang yang merupakan bukti dengan ajaran hindu,sebenarnya juga menunjukan bahwa dia percaya kepada tuhan.ia pasrah total kepada tuhan.
     Ajaran syekh siti jenar masih merupakan teka-teki.kemungkinan adanya kultural politisaswi ajaran juga sangat mungkin,maka,pemahaman penyeluruhan ajaran di memang perlu.guna menyelami hakikat islam jawa.
         Jiwa spiritual.yaitu batin manusia yang mampu melakukan kontak dengan alam gaib,dalam msyarakat jawa,tradisi semacam ini di namakan alam supena.alam mimpi yang mempengaruhi jiwa manusia yang mampu menerawang terhadap kejadian mendatang,yang orang jawa di sebut Ngerti sakdurunge winarah yang artinya tahu yang bakal terjadi.
   Misalkan lagi,gerakan fikiran(batin)merasa nikmat secara otomatis.ketika kita harus menganggukan kepala,menyembah,melambaikan tangan pada saat berhubungan dengan orang lain.adalah wacana batin spiritual.jiwa lubbiyyah,telah meninggalkan alam fikiran dan masuk kealam intuisi.
      Kehidupan tak selalu melalui kesadaran panca indra,misalkan saja ketika orang berzikir ataupun meditasi,mereka merasa hilang,yang ada hanyalah halusinasi dan ilusi.dari sini orang akan menerima Wisik yaitu keadaan yang melukiskan bahwa alam ini adalah alam langit,alam murni,alam penuh ketiadaan.
      Begitulah esensi apa yang di sampaikan syekh siti jenar.
Tampaknya,bagi dia ajaran memang di ramu dengan mistik kejawen,jika ajaran ini di pahami sepenggal,maka orang AWAM AKAN MENGATAKAN DIA MUYSRIK.pada hal,dia sendiri sebenarnya lebih mengutamakan hakikat misal,bagi dia hidup adalah proses untuk menemukan "ananeng,anining,uninung,uninang" Artinya,hidup untuk mencari kejernihan batin,hidup untuk mencari dunung(tujuan),,tujuan hidup akan tercapai melalui sangkan paraning dumadi .ini pemahaman islam jawa yang selalu menjadi misterius.

Tulisan Terbaru

PERAN GURU DALAM BELAJAR ILMU GAIB

Apakan belajar keilmuan harus ada guru pembimbing?
Apa yang terjadi bila belajar ilmu gaib tanpa guru dan tanpa pengijasahan langsung?
Apakan pengijasahan itu mbah??

Bisa di katakan setiap hari ada sms masuk di hp saya pertanyaan seperti di atas.perlu saya sampaikan di sini,bagi anda sebagai pemula belajar keilmuan yaitu ilmu gaib yang mengandung khodam-khodam tertentu dan mengandung unsur magic yang tidak bisa di cerna oleh akal fikiran manusia. Di sini akan saya jelaskan sedikit tentang pertanyaan seperti di atas,agar di lain waktu bila anda ingin menguasai ilmu-ilmu gaib anda sudah mengerti arti dari peran guru dan pengijasahan langsung kusus anda sebagai pemula belajar ilmu gaib.

1.apakan belajar ilmu gaib harus ada guru pembimbing?

-harus..!peran guru di dalam mengajarkan ilmu gaib adalah sebagai penuntun,yaitu guru mengajarkan sang murid harus mengikuti,misal untuk mengamalkan ajian tertentu si murid di suruh puasa selama sekian hari.dan mantranya harus di baca sekian kali juga.jadi peran guru,selain membimbing,mengawasi,menyelaraskan keilmuan yang cocok buat muridnya.juga membimbing agar sang murid tidak menyalahgunakan keilmuan yang telah di ajarkan dan membimbing menjadi orang yang waksito.

2.apa yang terjadi bila belajar ilmu gaib tanpa guru dan pengijasahan langsung?

-banyak orang yang belajar ilmu tanpa guru mengalami gangguan mental,dikarenakan ilmu yang di amalkan tidak cocok dan raga si pengamal belum siap menampung ilmu tersebut.karena di paksakan ingin juga menguasai ilmu tersebut maka di pastikan bisa mengakibatkan gangguan mental bahkan menjadi stres.sebelum sangguru mengijasahkan keilmuan pada si murid.harus di selaraskan dulu melalui proses pengijasahan yaitu dengan cara melalui nama lengkap,agama,dan nama ibu kandung..

"mengapa kok pakai ibu saya segala mbah.nanti ibu saya buat tumbal ilmu??"

pertanyaan di atas juga sering masuk dalam Hp saya.terkadang saya cuma tersenyum membaca pertanyaan seperti di atas.tapi saya sudah tahu.anda sebagai pemula belajar ilmu gaib sampai pertanyaan begituan masuk ke Hp saya.akan saya beberkan sedikit.untuk apa nama ibu kandung anda saya minta untuk pengijasahan suatu keilmuan.peran ibu kandung anda adalan untuk penyelarasan keilmuan,agar dapat dengan mudah anda kuasai dan cepat menyatu dalam darah daging anda.jadi keilmuan tersebut menyatu dan bisa anda kuasai dengan mudah lewat penyelarasan nama ibu anda.

3.apa sih pengijasahan ilmu itu mbah.??

-pengijasahan ilmu adalah memberikan/menurunkan keilmuan yang telah di ridoi dengan iklas oleh sang guru.jadi dengan demikian ilmu cepat dapat di kuasai karena sudah dapat restu dari sang pemilik atau yang mengijasahkan ilmu tersebut.ibarat anda mau pergi merantau.pasti anda akan meminta doa restu dari kedua orang tua anda.supaya anda di perantauan nanti berhasil,bisa sukses,selamat pergi di jalan sampai pulangnya kembali.begitu juga dengan suatu keilmuan. Sedikit saya beberkan pertanyaan-pertanyaan yang sering anda tanyakan kusus yang pemula belajar keilmuan.semoga bermanfaat dan mengerti pokok-pokok keilmuan dan kegunaan seperti pertanyaan di atas.

Trimakasih.Telah Sudi Membaca Uneg-Unek Saya.salam peseduluran.